Minggu, 24 Agustus 2008

Pertahanan Yang Paling Baik

Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
Matius 5:39

Pilih mana, saudara di bela Allah atau saudara membela diri sendiri? Ini adalah pilihan yang Yesus tawarkan kepada kita semua. "Menyerahkan pipi yang lain" bukan sebuah resep untuk melecehkan kita, tetapi merupakan resep dimana kita melibatkan Allah untuk membela kita. Bayak orang yang merasa bahwa perintah Tuhan Yesus ini kalau dijalankan akan membuat musuh-musuh memanfaatkan kita. Pendapat itu betul kalau tidak ada Allah. Artinya, kita kesampingkan Allah.

Tetapi, ketika kita melakukan perintah ini, yang pasti Allah ada di pihak kita dan kita pasti melihat mujizat-Nya dinyatakan. Mengapa konflik antara Kristen dan Non Krsiten yang sering terjadi di negara kita tidak pernah henti? Karena kita selaku orang Kristen tidak bisa menyatukan hati dan pikiran kita untuk "menyerahkan pipi yang lain." Kita sudah terbiasa dengan kalimat-kalimat, "Enak saja kita diinjak-injak. Kita juga punya hak. Kita perlu membela diri. Kita benar dan pasti Allah membela kita." Tapi kenyataannya, banyak orang Kristen yang mati dalam konflik yang terjadi. Sayang, mujizat Allah dalam skala besar tidak pernah kita saksikan.

Ketika kita melawan balik, kita menarik kekuatan kita sendiri. Tetapi, ketika kita "menyerahkan pipi yang lain", dalam arti tidak membalas, maka kita menarik kekuatan Allah. Kalau kita mengerti hal ini, maka jelas bahwa perintah Allahini adalah demi kebaikan kita sendiri. Yang susahkan kita tidak bisa menyatukan hati dan pikiran orang banyak. Mungkin saudara mau, tapi yang lain belum tentu mau.

Tetapi, kalau kita berani melakukan perintah Yesus ini, maka bukanlah hal yang mustahil Allah bisa menurunkan api dari langit untuk menghanguskan segala musuh yang coba menyerang. Jangan sepelekan hal ini, karena Allah sudah tegas berkata, "Pembalasan itu adalah hak-Ku" (Roma 12:19). (JH)


Pertahanan kita yang paling baik ialah ketika kita melibatkan Allah untuk membela kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar