Sabtu, 02 Februari 2008

Menemukan Yesus

Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
Matius 25:40




Saya sangat senang menonton film Kera Sakti, film tentang petualangan Sun Go Kong yang pergi mencari kitab suci ke barat. Dalam film itu ada seorang tokoh bernama dewi Kwan Im. Karena seorang dewi, ia memiliki kemampuan berubah wujud menjadi manusia. Suatu kali, ia menyamar menjadi wanita cantik dan banyak pria yang terpikat kepadanya, Dia diperhatikan, dipuji-puji, dan semua yang dia minta akan dipenuhi. Kali lain, iamenyamar menjadi gadis buruk rupa. Setiap orang mengolok-olok dirinya, bahkan sampai hati melemparinya dengan batu. Para lelaki yang dulu menyanjung dirinya, kini seperti anti terhadapnya. Pada saat dia menunjukan wujud aslinya, barulah mereka menyesali perbuatan mereka dan memohon ampun.

Manusia terbiasa memperlakukan orang lain hanya berdasarkan apa yang tampak dari luar. Tidak beda jauh dengan sikap para prajurit Romawi yang melecehkan pribadi Tuhan Yesus saat peristiwa penyaliban-Nya. mereka tidak menyadari siapa sebenarnya yang sedang mereka hadapi, dan betapa kecilnya diri mereka sesungguhnya di mata Tuhan. Di kehidupan kita jaman sekarang pun, sering dijumpai orang-orang yang ditindas hanya karena keberadaan fisik mereka yang kurang menguntungkan. Ditambah lagi penilaian terhadap kelas ekonominya yang rendah, pengalaman dosa di masa lalu, silsilah keluarga yang berantakan, dan sebagainya.

Apa yang kita perbuat untuk orang lemah dan tak berdaya, kita telah perbuat yang sama untuk Tuhan Yesus. Sebaliknya hal-hal yang seharusnya kita lakukan namun tidak kita lakukan bagi mereka, tidak kita lakukan juga untuk Tuhan. Ada kalanya kita kurang peduli dengan orang yang meminta bantuan pada kita. Tapi, siapa tahu orang itu adalah Yesus yang sedang menyamar. (YK)



Kasih sejati diberikan pada mereka yang berhak memperolehnya tanpa membedakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar