Sabtu, 12 Januari 2008

Hukum-Hukum Pertempuran


Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.
I Petrus 5:8




Dalam daftar Murphy's Laws of Combat terdapat banyak hal yang pas dalam menggambarkan kehidupan Kristen. Karena memang hidup Kristen itu selalu berada dalam pertempuran atau peperangan rohani. Dari sederetan daftar yang banyak itu, ada beberapa hal menarik yang bisa disampaikan di sini, seperti :

"Anything yo do can get yo shot (killed) - including nothing." Artinya, apa pun yang saudara lakukan bisa membuat saudara terbunuh dan biarpun saudara tidak melakukan apa-apa, tetap saudara bisa terbunuh. Benar sekali! Apakah saudara sedang bertempur bagi Tuhan kita, atau lari dari tuhan, atau tidak berbuat apa-apa, saudara tetap berada dalam pertempuran yang adil terhadap musuh kita, yakni iblis. Sekalipun kita sudah berada dalam Tuhan, tidak bisa kita terlepas dari pertempuran ini, mengapa? Karena ayat di atas sudah jelas bahwa iblis itu seperti singa yang siap menerkam dan menelan kita. Jadi, jangan pikir kalau saudara tidak berbuat apa-apa untuk Tuhan, lalu iblis akan meninggalkan saudara. Malahan, lebih enak bagi musuh kita jika kita tidak melakukan apa-apa.

Ada hukum yang lainnya, yakni "You are not Superman." Artinya, saudara bukan manusia luar biasa atau hebat. Hanya ada satu manusia yang luar biasa, yaitu Yesus Kristus yang tidak berbuat dosa ketika dicobai. Sekalipun seseorang adalah pendeta yang banyak mengerjakan mujizat, tapi kalau dia menyebut diri paling hebat, paling suci, maka sebentar lagi dia akan mengalami kehancuran. Mengapa? Karena dia sudah melanggar hukum pertempuran ini. Alkitab sudah jelas katan, "Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya" (Efesus 6:10). Jadi, kita tidak bisa berdiri sendiri. Alkitab berkata bahwa berdua itu lebih baik daripada seorang diri. Artinya, jangan merasa diri paling hebat. (JH)




Peperangan rohani jauh lebih hebat dari peperangan fisik biasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar