Kamis, 03 Januari 2008

Coba Dulu!


Lalu Petrus berseru dan menjawab Dia: "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air."
Matius 14:28




Dulu saat bekerja di bagian pembelian, saya pernah mengalami delay pengiriman bahan baku. Padahal bagian produksi sudah sangat mendesak sementar stok sudah habis. Saya hampir-hampir putus asa dengan situasi itu karena segala cara nampaknya sudah dicoba namun tetap gagal. Barang tetap akan datang terlambat. Akhirnya, muncul sebuah ide yang terdengar lucu dan mustahil yakni meminjam bahan tersebut dari perusahaan competitoryang mengerjakan order yang sama dengan perusahaan kami. Lebih anehnya lagi, setelah saya coba menelepon, mereka ternyata bersedia meminjami stok bahan tanpa imbalan apapun. Sungguh hal yang aneh tapi nyata - namun seandainya saya tidak mencoba menelepon, masalah tidak terpecahkan.

Sebelum Anda buru-buru berkata bahwa sesuatu itu mustahil dilakukan, tidak ada salahnya coba dulu! Petrus adalah seorang murid yang terbilang paling berani mencoba. Inisiatifnya sangat tinggi dan keberaniannya juga terbialang nekad. Menyeret Yesus ke samping untuk menegor-Nya (Mat. 16:22), keluar dari perahu untuk mencoba berjalan di atas air (Mat. 14:28), memeotong telinga hamba Imam Besar untuk membela Yesus (Yoh. 18:10), dan seterusnya. Petrus banyak mengalami peristiwa-peristiwa luar biasa karena dia seorang yang berani mencoba. Namun Petrus juga banyak mengalami kegagalan, juga karena dia berani mencoba.

Seorang yang berani mencoba bukan berarti harus mengabaikan resiko kegagalan. Mencoba melompat dari atas bangunan pencakar langit tanpa pengaman apapun jelas merupakan suatu kebodohan. Namun berani mencoba berinovasi adalah persoalan lain. Orang yang berani mencoba jelas lebih kaya pengalaman. Orang yang berani mencoba setidaknya punya lebih banyak kesempatan untuk berhasil. Diantara sekian banyak murid Yesus, hanya Petrus yangpernah berjalan di atas air. Hari ini sebelum kita menganggap sesuatu itu mustahil untuk dilakukan, ada baiknya mencoba dulu. Lebih baik mencoba dan gagal daripada tidak pernah mencoba sama sekali. TMS




Beranilah mencoba, siapa tahu berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar