Rabu, 13 Agustus 2008

Makanan Rohani

Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal."
Yohanes 4:32


Makanan itu penting untuk kehidupan. Tanpa makanan kita tidak mungkin bisa bertumbuh. Kita mendapatkan kekuatan dan daya tahan tubuh dari makanan. Namun, makanan dapat membunuh kita. Makanan yang tidak tepat memebunuh lebih banyak orang daripada penyakit.

Seperti halnya tubuh memerlukan makanan, demikian juga dengan kerohanian kita. Roh kita perlu diberikan makan. Caranya ialah melalui jiwa kita. Kita perlu memberi makan pikiran kita serta keinginan kita. Makanan apa? Tuhan Yesus berkata dalam matius 4:4, "Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

tuhan Yesus lebih memperhatikan makanan rohani ini daripada makanan jasmani. Kalau seseorang di dunia ini cuma memikirkan makanan jasmani, maka orang itu tidak akan pernah tahu tujuan hidupnya di dunia ini. Ia hidup hanya sekedar hidup sambil menunggu kematian. Makanan jasmani adalah fana, sebentar saja habis lenyap. Karena itu, manusia tidak bisa hidup dari makanan saja.

itu sebabnya, Yesus menekankan makanan rohani karena dapat menuntun kita pada keselamatan. Dari makanan rohani ini, yakni dari Firman Allah, manusia dapat mengetahui jalan keselamatan dan dapat memiliki hidup yang sebenarnya. Yesus begitu tergetar hati-Nya melihat respons wanita dan orang-orang sekotanya terhadap anugerah keselamatan seperti yang kita baca dalam ayat-ayat bacaan di atas.

Demikian juga, kita seharusnya menginini makanan-makanan Allah atau perkara-perkara Allah. Makanan yang salah dapat membawa hidup kekristenan kita kepada kegagalan dan depresi. Karena, keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera (Roma 8:6). (JH)


Mulailah rawat diri kita dengan makanan-makanan rohani yang sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar