Rabu, 20 Agustus 2008

Kuatir Atau Tidak

Bacaan : Matius 6:25-34

Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
Matius 6:31


Ayat-ayat bacaan diatas sama dengan yang ditulis dalam Lukas 12:22-32. Di sini Yesus memerintahkan kepada kita untuk tidak kuatir tentang segala kebutuhan kita. Tentu saja kita butuh uang untuk memenuhi segala kebutuhan kita, bukan? Yesus saja membutuhkan uang untuk membayar pajak (Matius 17:24-27). Kalau kita tidak punya uang untuk membayar segala kebutuhan kita, pasti semua orang kuatir.

Banyak orang yang kehabisan akal dalam menyikapi pernyataan Yesus diatas. Ungkapan-ungkapan yang sering timbul adalah: "Mana mungkin cukup dengan penghasilan hanya satu juta sebulan?" "Sya sudah ke gereja mencari terlebih dahulu Kerajaan Allah serta kebenarannya, tetapi tetap saja saya pas-pasan dan kurang." "Saya sudah belajar untuk tidak kuatir, tapi kebutuhan hidup terus menekan saya." Dan masih banyak lagi ungkapan kata-kata yang pesimis.

Nah, darimana kekuatiran itu timbul? Sebetulnya bukan dari apa yang kita lihat, yaitu kurangnya pemenuhan kebutuhan hidup kita. Tetapi, kita menimbulkan kekuatiran melalui perkataan-perkataan kita. Perhatikan apa yang Yeus katakan dalam ayat diatas: Jangan kamu kuatir dan berkata."Pikiran-pikiran kuatir pasti datang, tapi selama kita tidak menghibur diri kita dengan perkataan negatif, maka kita tidak berdosa dalam hal ini.

Karena itu, kita harus perhatikan perkataan-perkataan kita. Mulailah ucapkan kata-kata yang sesuai dengan Firman Allah, maka hasil positif pasti kita dapatkan. Jangan saudara anggap kata-kata negatif itu sebagai kata-kata kosong atau tidak ada apa-apanya, atau hanya kata-kata permainan. Perhatikan ayat ini: Hidup dan mati dikuasai lidah (Amsal 18:21). Jadi, pikiran-pikiran kuatir bisa timbul dan wajar saja. Tetapi, jangan pernah katakan melalui mulut saudara akan kekuatiran itu. (JH)

Ucapkanlah hal-hal yang menyetakan iman dan keyakinan di dalam Tuhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar