Minggu, 27 Januari 2008

Perbuatan Sesuai Khotbah

"Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
Matius 7:15-16



Di sebuah kota dimana KKR (Kebaktian Kebangunan Rohani) diadakan, seorang pendeta muda naik bus kota. Ketika membayar tiket kepada kondektur, kondektur mengembalikan uang lebih daripada yang seharusnya. Pendeta itu berpikir beberapa menit dan termenung, ia bertanya kepada dirinya sendiri, "dikembalikan atau tidak? Yang salah kan bukan saya?" Akhirnya ia memutuskan untuk emngembalikan uang tersebut.

Sambil mengucap terima kasih, sang kondektur itu berkata, "Memang sengaja saya kembalika lebih kepada Tuan, sebab tadi malam saya mendengar khotbah Tuan yang amat bagus. Saya hanya ingin menguji apakah perbuatan dan sikap hati Tuan sejalan dengan khotbah yang bergema di mimbar gereja." Sang pendeta muda itu tersenyum malu, sebab ia sama sekali tidak menduga kalau kondektur bus itu tahu bahwa dia pengkhotbah dalam KKR di kota itu. Namun demikian, pendeta itu merasa puas dan bahagia sebab ia berhasil melewati ujian tentang kejujuran soal uang dari kondektur bus itu. Pendeta itu menyadari, banyak khotbah yang bagus pengajarannya, namun karena buah kehidupan berbeda dengan isi khotbah, akhirnya hambar bagaikan garam yang tawar.

Yesus berkata, "Demikian setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedangkan pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. Jadi dari bauhnyalah kamu akan mengenal mereka" (ayat 17 dan 20). Sebagai umat Kristen, kita di sorot oleh orang dunia: Apakah buah-buah kehidupan yang nampak dalam perilaku sehari-hari sesuai dengan ajaran kitab suci yang kita baca atau dengar setiap minggu? Apakah pola hidup di masyarakat dan perilaku kita di tempat kerja memang sesuai dengan harapan Tuhan kita? kebenaran dan agama akan berguna bila nampak melalui kesaksian hidup kita. (EL)



Khotbah dengan kesaksian hidup sama dengan penunjuk arah jalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar