Sabtu, 19 Januari 2008

Ingatlah Akan Penebusanmu !


Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.
Keluaran 12:14




Kitab keluaran memperlihatkan kepada kita kelahiran baru orang-orang Israel sebagai sebuah bangsa. Hal ini jelas dengan apa yang disampaikan Allah kepada Musa dan Harun di tanah Mesir. Ini merupakan penggenapan nubuatan yang Allah telah sampaikan kepada Yakub: "Janganlah takut pergi ke Mesir, sebab aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar di sana" (Kejadian 46:3).

Bulan yang dimaksud dalam Keluaran 12:2-3 adalah bulan April atau yang di kenal orang Yahudi sebagai bulan 'Abib'. Bulan ini akan menjadi permulaan untuk orang-orang Israel merayakan perjamuan Paskah (Ulangan 16:1). Perjamuan Paskah ini dimaksudkan untuk mengingatkan orang-orang Israel akan awalnya mereka menjadi sebuah bangsa.

Sebagaimana orang Israel perlu diingatkan akan awalnya sebagai sebuah bangsa, demikian juga dengan orang yang sudah menerima Yesus Kristus sebagai juru Selamatnya perlu diingatkan akan awal kelepasannya dari dosa. Rasul Paulus juga mengingat perihal kelepasan ini ketika ia berkata dalam Kolose 1:12-14, "Dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang ... telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa."

Kalau saudara mengalami hal-hal yang melemahkan iman saudara, ingatlah akan awal penebusan atau kelepasan saudara. Kalau Allah telah memindahkan saudara ke dalam Kerajaan Terang Yesus, masakah Ia akan mengembalikan lagi saudara ke dalam kegelapan? Masakah ia akan menyia-nyiakan hidup saudara? Berkatalah seperti Rasul Paulus, "Aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku" (Filipi 3:13). (JH)




Selalu mgningat penebusan kita oleh Kristus akan membuat iman kita semakin teguh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar