Sabtu, 21 Juli 2007

Minggu ke-6, Hari 39 HIDUP TAKUT AKAN TUHAN

Seorang murid Kelas Permulaan Baru sedang berapi-api karena dia mendapatkan pelajaran tentang doa yang penuh kuasa. Guru mengajarkan agar setiap tidu daya iblis, serangan si jahat, dan intimidasi dari setan selalu dipatahkan dengan kuasa darah Yesus. Karena doanya bagus, dia dipercaya sebagai pendoa syafaat, dan tibalah saat yang dinantikannya untuk berdoa: "Bapa, kami mengucap syukur buat kebaikan-Mu... Setiap serangan si jahat, aku patahkan dalam nama Yesus! Setiap penyakit, aku hancurkan dalam nama Yesus! (Jemaat pun merespons dengan sorakan Amien)... Setiap roh ngantuk, tidak konsentrasi, aku hancurkan dalam nama Yesus! Saatnya aku berdoa buat para pelayan Tuhan... Setiap pemusik, worship leader, dan OHP, aku patahkan dalam nama Yesus! Jemaat : ???????????

Esensinya, doa harus lahir dari ketulusan hati dan bukan merupakan hafalan. Sikap takut akan Tuhan akan melahirkan doa yang dalam dan penuh kuasa!

Ayat Renungan : Mazmur 5:2-13

M1 MENERIMA
Masihkah Anda mempertahankan hidup dalam kekudusan, dan menang terhadap godaan seksual serta godaan lain ? Bangunlah komunikasi dengan Bapa sehingga Anda menerima kebenaran Firman-Nya hari ini.

M2 MERENUNGKAN
1. Kapan waktu Anda yang terbaik untuk berdoa intim dengan Bapa (Ayat 4) ?

2. Hal apa yang menghalangi keintiman Anda dengan Bapa (Ayat 5) ?

3. Apa yang akan Tuhan lakukan bagi orang fasik (Ayat 7) ?

4. Seperti apakah sikap kita yang benar dalam menyembah Tuhan (Ayat 8) ?

5. Apa yang akan Tuhan lakukan bagi orang benar (Ayat 13) ?

PENGAJARAN

Tidak sedikit orang yang berdoa dan menyembah Tuhan di seluruh dunia. Pertanyaannya, apakah semua orang yang berdoa dan menyembah Tuhan pasti berkenan kepada Tuhan ? Sebenarnya, yang Tuhan inginkan dari kita adalah hubungan kasih di dalam kebenaran.

Mungkin, kita menghadap Tuhan dan berdoa tetapi kita terus hidup dalam kefasikan. Tuhan tidak berkenan kepada berbagai macam bentuk kejahatan, tetapi ia berkenan terhadap orang-orang yang takut akan Tuhan.

Pengertian takut akan Tuhan adalah membenci kejahatan, benci kepada kesombongan dan kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut yang penuh tipu muslihat (Ams 8:13). Jadi, kitaakan berkenan kepada Tuhan kalau hidup kita selaras dengan Firman-Nya dan kita meninggalkan kefasikan.

Apa akaibatnya kalau kita hidup takut akan Tuhan dan meninggalkan kefasikan ? Seperti yang tertulis dalam Mazmur 5:13, Tuhan akan memberkati orang benar dan memagari dengan anugerah-Nya seperti perisai (perlindungan). Jangan ragu untuk menjadi orang Kristen yang radikal.

M3 MELAKUKAN
1. Jubah apa yang Anda pakai saat menghadap Tuhan ? Masih adakah kejahatan yang melekat pada Anda ketika Anda menghadap Tuhan ? Tuliskan dan buat keputusan untuk meninggalkannya!

2. Buatlah komitmen: Menghadap Tuhan dengan berhiaskan kekudusan.

M4 MEMBAGIKAN
Kepada siapakah Anda akan membagikan kebenaran yang Anda terima dari saat teduh hari ini ? Lakukan, maka kebenaran itu akan semakin melekat dalam hidup Anda!

AYAT HAFALAN: Mazmur 5:13
"Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya Tuhan; Engkau memagari dia dengan anugerha-Mu seperti perisai."




Sumber :
Judul buku : Menerobos Sorga Dengan Cinta
49 Hari membangun keintiman dengan Bapa untuk mendapatkan Firman yang menghidupkan dan menyembuhkan.
Penulis : Pdt. Ir. Yonathan Wiryohadi
Kontibutor : Pdt. Bram Soei Ndoen, Illyana Widodo, Ponco Sulistyo
Diterbitkan oleh : WTC Media, Mei 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar