Selasa, 11 September 2007

Enhancing Self Awareness - Meningkatkan Kesadaran Diri

Jika tuan rumah tahu pada waktu mana di malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.

KEWASPADAAN MENIPIS KETIKA KITA MERASA AMAN

Dengan desain dan rancangan yang luar biasa hebat di awal abad ke-20, kapal Titanic berlayar dengan megah di tengah Samudera Atlantik. Semua yang menyaksikannya berdecak kagum. Semua sepakat bahwa tidak satu pun kekuatan alam yang mampu menenggelamkannya. Keyakinan sepihak yang semakin menebal, tanpa disadari menyiratkan aroma keangkuhan. Semua begitu terlena dengan kemegahan dan keperkasaan yang kasat mata. Kewaspadaan menipis dan kesiagaan jadi kehilangan makna. Di tengah kegelapan malam Samudera Atlantik, nampak di sana-sini bongkahan es berwarna putih kemilau. Terapung-apung lepas seakan menari-nari di permukaan laut.

Tak seorang pun menyadari, di balik riak ombak, dalam kekelaman laut, menghadang dengan kokoh gunung-gunung es yang membeku. Sejarah mencatat, Titanic menabrak gunung es dan karam dengan jumlah korban yang banyak. Kewaspadaan sangat dibutuhkan justru di saat kita merasakan situasi yang paling aman. Betapa seringnya kita menjadi lengah dan akhirnya mengalami kerugian yang tak terduga.

MENGAPA KITA PERLU MENINGKATKAN KESADARAN DIRI?

1. Musuh Terbesar Kita Adalah Diri SendiriBanyak hal yang dapat membuat kita lengah dan kurang waspada. Terjebak dalam rutinitas, berada di zona nyaman atau sikap yang terlalu bergantung pada orang lain. Hal itu membuat kita tidak siap menghadapi situasi darurat atau perubahan yang mendadak. Sebaliknya, sikap ambisi tak terkendali juga bisa membuat lupa diri dan berakibat fatal. Menurut survei karakter, ditemukan minimal 89% dari karakter kita cenderung kurang waspada.

2. Situasi Di Sekitar Kita Berubah Setiap Saat
Kehidupan kita bagaikan orbit alam semesta. Ketika bumi berputar pada porosnya, ia juga beredar mengelilingi matahari. Hidup kita berubah, situasi di sekitar juga berubah. Hidup adalah perubahan dan hidup adalah perjuangan. Perubahan selalu membawa dinamika dan perjuangan selalu membutuhkan kewaspadaan. Perubahan bisa menjadi sebuah kemajuan, jika diwaspadai dan disikapi dengan positif. Tapi perubahan akan menjadi musuh dan penghambat bagi kita yang tidak pernah mengantisipasi dan mewaspadainya.

3. Kesadaran Diri Membangun Rasa Tanggung Jawab
Kesadaran diri berarti mengetahui dengan tepat apa yang sedang kita alami. Kesadaran diri menimbulkan respons dan sikap antisipasi. Sehingga kita mempersiapkan diri dengan baik menghadapi situasi yang sedang dan yang akan terjadi. Kesadaran diri secara positif membangun sikap tanggung jawab dalam diri kita. Hanya seorang yang bersedia mengambil tanggung jawablah yang mampu memenangkan peperangan.

TIGA GERBANG YANG HARUS DIAWASI
Kehidupan memiliki tiga pintu gerbang:

1. Telinga
Kita punya sepasang telinga agar dapat mendengar dengan seimbang. Bukan sekadar mendengar, tapi mampu menyimak dengan benar. Penting untuk menyaring setiap informasi yang diterima, karena itu membentuk penafsiran dan pemahaman terhadap situasi yang terjadi.

2. Mata
Mata dengan cepat dapat merekam apa yang dilihat dan menyimpannya ke dalam memori otak. Pengalaman dan persepsi yang dimiliki segera menyimpulkan informasi tersebut dan menstimulasi respons.

3. HatiHati adalah sumber kehidupan. Hati nurani yang murni memiliki kepekaan intuisi yang kuat. Intuisi dapat merasakan hal-hal yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan dan pendengaran lahiriah. Hati yang tetap dijaga dari hal-hal negatif akan memiliki tingkat kesadaran nurani yang tinggi.

BAGAIMANA CARA MENINGKATKAN KESADARAN DIRI?

1. Mengenali kekuatan dan kelemahan pribadi.
2. Melatih kepekaan untuk memahami situasi.
3. Belajar berkonsentrasi dan bersikap fokus.
4. Selalu mengevaluasi diri dan kondisi di sekitar kita.
5. Memiliki nilai-nilai pribadi sebagai tolak ukur kehidupan.

The Word of Wisdom: Kewaspadaan sangat dibutuhkan justru saat kita merasa berada pada situasi yang paling aman.

Jakoep Ezra, MBA, CBA
Character Specialist
www.powercharacter.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar